MAKANAN YANG MENGANDUNG GIZI YANG BAIK UNTUK IBU HAMIL

19.04 Posted In Edit This 0 Comments »
Selama masa kehamilan bayi yang ada didalam kandungan hanya mempunyai satu-satunya sumber makanan yaitu ibu itu sendiri, zat-zat yang terkandung didalam makanan akan diserap oleh bayi melalui plasenta. Pilih makanan yang segar yang bukan hasil dari pengawetan. Berikut kandungan gizi dan jenis-jenis makanannya yang sangat diperlukan selama masa kehamilan:

1. KALSIUM
Kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi, selama masa kehamilan kebutuhan akan kalsium menjadi 2 kali lipat dari biasanya. Sumber kalsium dapat berasal dari susu, yoghurt, keju dan sayuran berdaun hijau, ikan sardine, roti tawar & kacang. Pilihlah makanan yang bersumber dari susu yang berkadar lemak rendah untuk mengurangi resiko bertambah berat badan yang terlalu berlebihan.

2. PROTEIN
Protein sangat dibutuhkan pada saat kebutuhan akan gizi meningkat. Makanan yang kaya akan protein adalah Unggas/ayam, telur, kacang (semua jenis kacang), selai kacang, ikan, daging, nasi, kacang-kacangan dan olahan susu. Pilihlah daging yang tidak berlemak dan memasak unggas tanpa kulit.

3. VITAMIN C
Vitamin C berfungsi untuk memperkuat plasenta agar tahan terhadap infeksi & membantu penyerapan zat besi. Vitamin C banyak terkandung didalam paprika, kentang, bunga kol, kol, sawi putih, jeruk Sunkist, atau jenis jeruk lainnya, strawberi. Hindari makan buah kalengan.

4. SERAT
Makanan berserat dibutuhkan untuk menghindari sembelit pada ibu hamil, Roti dari tepung gandum, nasi (terutama nasi beras merah), pasta dari tepung gandum, Raspberri, kacang polong & daun bawang merupakan makanan yang mengandung serat.

5. ZAT BESI
Bayi memerlukan zat besi setelah kelahirannya dan darah memerlukan zat besi untuk mengangkut oksigen keseluruh tubuh. Beberapa makanan yang mengandung zat besi adalah ikan tuna, bayam apricot kering, jeruk & daging merah tanpa lemak

6. ASAM FOLAT
Asam folat sangat penting untuk perkembangan sistim syaraf pusat bayi, sayuran segar berwarna hijau tua seperti brokoli, buah-buahan, kacang-kaacangan, biji-bijian adalah sumber utama asam folat.

0 komentar:

About Me

Foto Saya
GERAI BUNDA
Istri dari suami tercinta Andi Setiawan, SE dan Bunda 2 orang putri tersayang Siti Safinatun Naja & Siti Nisrina Yumna, "Mereka menjadi inspirasi terciptanya blog ini".
Lihat profil lengkapku